Kamis, 30 April 2015

Home » , » Gratis : Uji Coba Tol Cikapali

Gratis : Uji Coba Tol Cikapali


ag03s.blogspot.com - Dilansir dari Tempo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan tol Cikampek-Palimanan (Cipali) belum layak operasi, maka pengelola jalan tol tidak bisa memasang tarif. "Sudah bisa dipakai, tapi belum layak operasi dan tidak bisa dikomersialkan," katanya di lokasi pekerjaan tol, Cikampek, Sabtu, 4 April 2015.

Meski belum layak operasi, Basuki meyakini jalan tol tersebut dapat digunakan karena progres pekerjaan kini mencapai 92 persen. Jalan tol Cipali ini diharapkan dapat difungsikan untuk mengurangi kepadatan jalur Pantura.

Kendati demikian, Basuki mensyaratkan tol Cipali agar layak fungsi, seperti kepastian tingkat kerataan jalan dan terpasangnya guard rail atau pagar pengaman jalan tol, untuk memenuhi tingkat keamanan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Abdul Gani Gazali mengatakan layak fungsi jalan tol diperlukan untuk menjaga keamanan berkendara. "Boleh operasi tetapi tidak ditarifkan," katanya.

Wakil Direktur Utama Lintas Marga Sedaya Hudaya Arryanto yakin dapat mengejar layak operasi pada akhir Mei pada jalan tol ini. Mulai pekan depan, tol Cipali mulai diuji kelayakan oleh BPJT secara bertahap. Mulai dari ruas Sumber Jaya-Palimanan, ruas Subang-Cikedung, dan ruas Kalijati-Subang.

Jalan tol yang memiliki enam seksi ini akan mempunyai 8 rest area, 7 pintu masuk, dan 7 simpang susun. Semua rest ini memiliki fasilitas kantin, toilet, dan masjid. Namun, hanya 4 rest area yang memiliki pom bensin.

Basuki akan mengajak para pedagang di sepanjang Pantura untuk mengisi rest area. Dia sedang mencari kebijakan untuk memindahkan para pedagang karena tidak semua pedagang dapat ditampung di rest area.

Pembangunan jalan tol Cipali terbagi dalam enam seksi. Seksi I Cikopo-Kalijati sepanjang 29,12 kilometer, seksi II Kalijati-Subang sepanjang 9,56 kilometer, seksi III Subang-Cikedung sepanjang 31,37 kilometer, seksi IV Cikedung-Kertajati sepanjang 17,66 kilometer, seksi V Kertajati-Sumberjaya sepanjang 14,51 kilometer, dan seksi VI Sumberjaya-Palimanan sepanjang 14,53 kilometer.

Sumber : www.tempo.co/read/news/2015/04/05/090655340/Masyarakat-Bisa-Pakai-Tol-Cikampek-Palimanan-Gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar