Kamis, 01 Januari 2015

Home » , » Keindahan Kalibiru Kulon Progo

Keindahan Kalibiru Kulon Progo





Dunia Informasi - Mungkin Anda belum mengenal obyek wisata Kalibiru? Tempat wisata ini tengah booming di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Lokasi tempat wisata Kalibiru berada di daerah perbukitan Menoreh Kulon Progo dan terletak pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut (dpl). Dinamakan lokasi wisata Kalibiru karena tempat wisata ini tepat berada di kawasan Dusun Kalibiru.

Menurut Nansir Ahmadi, pengelola wisata Kalibiru, kawasan hutan ini pada mulanya adalah hutan yang tandus dan gersang karena banyaknya penebangan hutan. Masyarakat yang hidupnya berdampingan dengan kawasan kehutanan berinisiatif untuk menjaga hutan agar tetap hijau, sejuk dan nyaman. Pada tahun 2000 terbentuk kelompok HKM (Hutan Kemasyaratan) terdiri dari orang-orang yang mengelolah kawasan hutan yang dijembatani oleh LSM yang ada di Kulon Progo.

Hutan kemasyarakatan merupakan hutan milik negara yang dikelola oleh masyarakat. Proses ijin sementara keluar pada tahun 2008 dan pada kala itu situasi wisata kalibiru belum seperti sekarang masih berupa gagasan-gagasan yang ada.

Kelompok HKM memanfaatkan salah satu jasa yang ada di kawasan hutan lindung. Masyarakat mengusulkan untuk membentuk wisata alam. Dalam kurun waktu 5 tahun pertumbuhan tanaman di kawasan hutan mulai berkembang pesat. Didanai dari dana subsidi dari provinsi, wisata Kalibiru mulai membangun seperti cottage yang harganya Rp 150.000,00 sampai Rp 200.000,00 per malam.



Saat ini, Kalibiru sudah banyak wisatawan yang mengunjungi, baik wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Untuk hari biasa pengunjung wisata Kalibiru mencapai 400-500 pengunjung sedangkan untuk hari libur mencapai 1000-2000 pengunjung.

Harga tiket masuk ke desa wisata Kalibiru relative cukup murah yaitu Rp2.000 dan untuk menikmati desir adrenalin berfoto di atas pohon dan flying fox Rp 10.000,00. Berbagai paket wisata juga terdapat di Kalibiru yaitu wisata budaya, pendidikan, keluarga, terapi alam dan lain-lain. Anda tinggal memilih mana yang Anda minati.

Wisata ini terletak 40 km dari kota Yogyakarta atau 10 km dari kota Wates. Untuk mencapai wisata ini, Anda tinggal mengikuti petunjuk jalan arah ke Waduk Sermo. Ketika sudah sampai di Waduk Sermo Anda akan menemukan petunjuk arah ke Kalibiru. Kendala yang dihadapi untuk mencapai obyek wisata ini adalah jalan yang sempit ketika jalan yang menanjak setelah waduk sermo.

Sumber 

3 komentar:

  1. Good and Nice
    Ok
    Www.investasiramlan.blogspot.com
    Mualim Ramlan

    BalasHapus
  2. Good and Nice
    Ok
    Www.investasiramlan.blogspot.com
    Mualim Ramlan

    BalasHapus
  3. Good and Nice
    Ok
    Www.investasiramlan.blogspot.com
    Mualim Ramlan

    BalasHapus