Selasa, 28 Mei 2013

Home » , » Manfaat Makan Ikan Untuk Kesehatan

Manfaat Makan Ikan Untuk Kesehatan



Pamer ikan Hasil Mancing


Ikan memiliki beberapa kelebihan, bila dibandingkan dengan daging ayam dan sapi. Sudah kaya akan nutrisi, bahkan harganya pun terbilang murah dan mudah ditemukan di pasar.

Sangat beruntung bagi mereka yang tinggal di daerah pesisir atau pantai, makan dengan lauk ikan hampir menjadi hal yang biasa. Kebiasaan ini, disadari atau tidak, mempunyai efek yang sangat baik bagi kesehatan. Apalagi jika disamping ikan, menu lain juga dikonsumsi dalam porsi yang seimbang.

Ikan memberi manfaat yang lebih bila dikukus daripada di goreng karena akan terasa lebih gurih. Inilah manfaat umum bila rajin konsumsi ikan segar
  1. Mengatur berat badan
  2. Ikan setidaknya memiliki kandungan lemak rendah dan sumber lemak berkualitas tinggi. Ikan sebaiknya dikukus, dibakar (tidak di sarankan bagi penderita diabetes), atau dibuat sup.
  3. Menjaga kesehatan jantung
  4. Ilmuan menemukan bahwa Ikan merupakan sumber penting dua asam lemak omega-3, yaitu eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Omega-3 membantu menurunkan tekanan darah menjaga kesehatan jantung. 
  5. Meningkatkan kinerja Fungsi otak yang lebih baik
  6. Kandungan nutrisi Omega-3 dalam ikan mampu menjaga fungsi otak yang lebih baik. Omega-3 dapat menurunkan risiko ADHD, depresi, dan demensia dan mencegah penyakit Alzheimer.
  7. Menurunkan kolesterol dan trigliserida (lemak darah)
  8. Ikan air dingin dapat membantu menurunkan trigliserida atau lemak darah. Untuk mendapatkan manfaat penurunan kolesterol dan trigliserida secara maksimal, pilihlah ikan air dingin, seperti salmon, trout, sarden atau tiram.
  9. Mencegah penyakit
  10. Para peneliti menemukan bahwa makan ikan dapat mencegah sejumlah penyakit lainnya, seperti peradangan, kanker tertentu, dan arthritis.
Di olah dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar