Sabtu, 10 November 2012

Home » » Review: LG Optimus L5 E612, ICS Kelas Menengah Berlayar Besar

Review: LG Optimus L5 E612, ICS Kelas Menengah Berlayar Besar



Guna menandingi smartphone semi tablet, LG tawarkan smartphone berlayar besar dikelas menengah. Menggunakan desain Premium L-Style, LG melepas L5 E612 dikisaran harga 2 juta. Bagaimana kinerjanya?

Desain
Dimensi: 118.3 x 66.5 x 9.5 mm; Bobot: 125 g

Penggunaan desain elegan yang diusung L7 masih menempel pada seri L5, begitu juga pada lapisan plastik berkestur pada bagian belakang yang bergerigi. Yang dimaksudkan agar nyaman saat digenggam. Bedanya dimensi yang jauh lebih kecil. L5 yang satu ini Luas layar sangat luas dikelasnya yaitu mencapai 4 inci yang tergolong cukup besar di kelasnya, inilah sebabnya L5 sedikit lebih lebar. Anda dapat memilih dalam 2 pilihan warna, yaitu Hitam dan Putih.







LG tiga tombol yang diletakkan dibawah layarnya. Ketiganya terdiri dari satu tombol fisik (home) dan dua tombol sentuh sensitif, back dan menu dikiri dan kanannya. dibagian bawah juga terdapat port charger.



Dibagian atas L5 terdapat port audio 3,5mm dan tombol power/lock.



Mengatur besaran volume dapat Anda lakukan dengan menekan tombol pada sisi kiri.



Di bagian belakang, terdapat lubang speaker beserta kamera yang telah dilengkapi dengan lampu flash.

Nilai: 4



Layar, OS dan Interface
Android 4.0.3Ice Cream Sandwich, 4.0" 320 x 480 piksel, IPS LCD16 JutaWarna(~144 ppi)



Dengan kualitas layar IPS LCD16 JutaWarna membuatnya sanggup menyajikan gambar jernih meski dibawah terik sinar matahari. Untuk interface OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich-nya diselimuti dengan interface LG UI 3.0 sehingga memudahkan bagi pengguna baru mengerti akan menu-menu didalamnya.



Pada halaman lock screen terdapat informasi standar pada status bar seperti baterai, network, WiFi, waktu, dan lainnya. tampilan ini dapat dikustomisasi dengan berbagai widget dan jalan pintas yang dapat diatur sesuai keinginan.



Interface yang terdiri dari 5 buah halaman homescreen dengan efek perpindahan halaman atau screen effect yang beragam. Homescreen-nya memuat 7 buah efek berbeda seperti carousel, accordion, panorama, jenga dan sebagainya dimana Anda dapat mengaturnya pada pengaturan.



Masuk ke halaman menu, ikon berformat grid horisontal yang disajikan dengan latar wallpaper yang sama dengan homescreen. Deretan ikon menu yang disematkan dibagi dalam tiga kategori yakni application, downloads dan widget.





Nilai: 4.5

Kamera dan Video
Kamera:5 MP, 2592 x 1944 piksel, autofocus, LED flash; Sekunder: VGA, 16:9; video:VGA@30fps, geotagging

Resolusi 5 megapiksel dibekali dengan lampu flash dan fitur autofocus, mampu digunakan untuk mengambil gambar dengan mode panorama atau continous shot. Ada juga Sederet setting tambahan seperti ISO, white balance, timer, image size dan scene mode.

Metode pemotretan bisa dilakukan dengan tombol shutter virtual ataupun tombol volume yang berfungsi ganda sebagai tombol shutter fisik serta pengatur volume.

Hasil foto terbilang cukup jernih, meski memiliki saturasi yang agak berlebihan.

Indoor

Outdoor

Untuk perekaman videonya, L5 sanggup mengambil gambar dengan resolusi sekelas VGA berkecepatan 30 fps. Sayangnya tidak mendukung perekaman video HD 720p, karena resolusi maksimal hanya VGA. Hasilnya terbilang standart, tidak tajam dan kurang halus. Padahal fitur-fitur yang ada cukup lengkap seperti white balance, efek warna, geotag, audio recording dan auto review.


Nilai: 4

Multimedia
Audioplayer : FLAC, M4A, MP3, OGG, WAV, WMA; video player : 3GP, DiVx,FLV, M4V,MKV, MP4; Radio FM; AudioRecorder, Radio FM.

L5 hadir dengan aplikasi pemutar musik yang mendukung file dengan format FLAC, M4A, MP3, OGG, WAV, WMA. Sayangnya tidak mendukung equalizer didalamnya jika Anda tidak menggunakan headset.



Sedangkan untuk pemutar videonya, L5dapat memutar format file: 3GP, DiVx,FLV, M4V,MKV, MP4. Uniknya Anda juga dapat mengatur setting brightness dan screen size video. Apalagi dengan ukuran layar yang dimilikinya, pengguna dapat memilih untuk menampilkan video dalam ukuran asli, best fit dan full screen.



Nilai: 3,5





Internet dan Konektivitas
HSDPA 7,2Mbps;Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v3.0 A2DP, Wi-Fi Direct, DLNA, dan MicroUSB

Browser bawaannya mampu membuka 4 halaman sekaligus. Sedangkan keperluan transfer data, Anda dapat memanfaatkan bluetooth atau kabel data. Jenis koneksi transfer data dengan kabel data Anda dapat memilih sebagai media penyimpan, PC Software atau sekadar mengisi ulang baterai.











Anda juga dapat menggunakan koneksi DLNA yang ditunjang dengan LG Smartshare untuk menonton video secara wireless via TV HD yang mendukung. LG juga menyematkan L5 dengan metode transfer data melalui Wi-Fi direct.


Nilai: 4

LG Smart World
Selain aplikasi bawaan OS seperti Play Store, Google Search, YouTube, Google Maps dan Gmail, L5 juga dilengkapi dengan magnet kompas. Ditambah lagi aplikasi Polaris Office menggunakan versi full. Sehingga Anda dapat membuka, membuat dan mengedit dokumen baru. LG juga menyematkan LG Smart World yang berisi aplikasi yang disediakan khusus untuk ponsel buatan LG.











Nilai: 4


Benchmark
Antutu Benchmark: 2796 Quadrant Standard Edition: 1497 Nenamark 1: 44,7fps Nenamark 2: 13,8 fps
Pengukuran Bencmarking dengan Antutu Benchmark memperoleh poin 2796 sehingga, Sony Ericsson X10i keok dibawahnya.



Sedangkan dengan Quadrant Standard berhasil mengumpulkan skor sebesar 1497 yang memposisikan L5 di posisi terbawah.




Pada kinerja grafis, L5 meraih poin 44,7fps ketika diuji dengan Nenamark1. Sedangkan ketika diuji menggunakan Nenamark2 menghasilkan skor 13,8fps yang menempatkan kemampuan grafis L5 diatas HTC Desire dan hanya sedikit terpaut dari Xperia Play.







Nilai: 3



Kelebihan
• Layar luas
• Menggunakan OS Android ICS
• Dilengkapi dengan DLNA dan LG Smartshare
• Polaris Office Versi Full

Kekurangan
• Hasil Benchmark Kecil
• Layar Tanpa Setting Autobrightness
• Prosesor hanya 800MHz


Kesimpulan
Hadirnya Optimus L5 mungkin akan membaut persaingan yang cukup ketat diponsel semi tablet. Selain suntikan OS anyar Android 4.0. LG juga punya kamera 5 megapiksel dan kamera sekunder yang telah mendukung panggilan video melalui 3G. Sayangnya banderol harga sekitar 2 juta, LG hanya menggunakan prosesor berkecepatan sama dengan L3. (Galing Kusumojati/@ilham_putranto).
Harga Baru: Rp 1.935.000,00
Harga Bekas: -
Full Specifications of LG Optimus L5 E610
GENERALNetworkGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 HSDPA 900 / 1900 / 2100
LAYARTipeCapacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran320 x 480 pixels, 4.0 inches (~144 ppi pixel density)
DIMENSIUkuran/Berat118.3 x 66.5 x 9.5 mm / 125 g
AUDIOFiturVibration, MP3 ringtones
Jack3.5mm jack audio
SpeakerphoneYa
MEMORYInternal4 GB storage (2.5 GB user available), 512 MB RAM
EksternalSlot Micro SD card up to 32GB
DATA3GHSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA
EDGEYa
GPRSYa
WLANWi-Fi 802.11 b/g, Wi-Fi hotspot
Bluetoothv3.0 with A2DP
InfraredTidak
USB/Portv2.0 microUSB
KAMERAPrimer5 MP, 2560 x 1920 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus
SekunderTidak
Video RecordYa, VGA@30fps
BATERAITipeStandard battery, Li-Ion 1500 mAh
StandbyUp to 900 h (2G) / Up to 900 h (3G)
Talk TimeUp to 10 h (2G) / Up to 9 h 20 min (3G)
FITUROSAndroid OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich)
CPUQualcomm MSM7225A Snapdragon CPU 800 MHz Cortex-A5 GPU Adreno 200
BrowserHTML
GPSYa, A-GPS
MessagingSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Javavia Java MIDP emulator, Fitur tambahan: Stereo FM radio,- SNS integration - Document viewer - Organizer - Google Search, Maps, Gmail - YouTube, Google Talk - Voice memo/dial - Predictive text input
FITUR LAINMultiple SIMTidak
Video PlayerMP4/DivX/Xvid/H.264/H.263 player
MP3 PlayerMP3/WAV/eAAC+ player
Audio RecordYa
TVTidak

3 komentar:

  1. Wah mantap nih :D
    nice share sobat
    good luck

    http://petualangunik.blogspot.com

    BalasHapus
  2. terima kasih sudah mampir

    good luck too ....

    BalasHapus
  3. Bagaimana memindahkan file download ke Microsd...karena memory internal sdh penuh? Tolong infokan caranya. trims

    BalasHapus