Jumat, 02 Maret 2018

Home » , » Manfaat Sarang Semut Papua

Manfaat Sarang Semut Papua

Hasil gambar untuk sarang semut papua

Dunia Informasi - Sarang semut adalah jenis tumbuhan epifit dari genus myrmecodia. Tanaman ini tumbuh menempel pada batang dan dahan tanaman yang banyak ditemukan wilayah Papua. Tanaman ini bentuknya bersekat-sekat dan semut atau serangga lainnya memanfaatkannya sebagai tempat hidup. Dan, dunia kesehatan belakangan ini sangat berterima kasih kepada sarang semut karena diketahui tanaman ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, bahkan hingga penyakit-penyakit yang tergolong serius atau berat.

Penyakit-penyakit yang dapat diatasi atau dicegah kehadirannya dengan mengambil manfaat sarang yang sedemikian dahsyat, antara lain sebagai berikut.

1. Jantung koroner
Kemampuan sarang semut untuk mencegah dan membantu dalam pengobatan penyakit jantung koroner diyakini berkaitan dengan kandungan multimineral, terutama kalium dan kalsium yang terdapat pada sarang semut.

2. Tekanan darah tinggi
Sarang semut mengandung flavonoid dan senyawa tokoferol. Kedua kandungan ini memiliki khasiat untuk mengencerkan darah dan mencegah atau mengatasi penggumpalan darah. Ketika penggumpalan darah bisa dicegah atau diatasi, hipertensi atau tekanan darah tinggi pun bisa dicegah dan diatasi.

3. Kanker dan tumor
Selain mengencerkan darah, kandungan flavonoid pada sarang semut diyakini juga berkaitan sangat erat dengan kemampuan tanaman ini untuk mengatasi kanker dan tumor. Mekanisme kerja dari flavonoid yang terdapat pada sarang semut dalam melawan kanker dan tumor, antara lain adalah pembalikan resistensi multiobat, induksi apoptosis dan diferensiasi, antiproliferasi, penghambatan siklus sel, inaktivasi karsinogen, inhibisi angiogenesis, dan bisa juga kombinasi dari berbagai mekanisme tersebut.
Sarang semut dapat mengatasi jenis-jenis kanker dan tumor, antara lain kanker hidung, kanker otak, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker lever, kanker usus, kanker kulit, kanker rahim, kanker darah (leukemia), dan kanker prostat.

4. Wasir (ambeien)
Manfaat sarangsemut untuk mengatasi wasir berasal dari kandungan tannin dan flavonoid. Penelitian pun membuktikan bahwa secara klinis tannin dan flavonoid memang mampu mengobati wasir atau ambeien.

5. Rematik
Dahulu, rematik dikenal sebagai penyakitnya orang yang sudah berusia senja. Namun, sekarang banyak orang yang masih muda, bahkan remaja yang terserang penyakit ini. Penyakit yang menyerang persendian ini jika sudah parah, rasa sakitnya sedemikian hebat. Sarang semut pun dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini. Khasiat ini berasal dari kandungan flavonoid, antioksidan, tokoferol, dan multimineral pada tanaman sarang semut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar