Jumat, 24 Juli 2015

Home » , » Mobil China Siap Saingi Avanza

Mobil China Siap Saingi Avanza


ag03s.blogspot.com - Besarnya pasar otomotif Indonesia masih menjadi magnet bagi investor. Selama ini industri otomotif dalam negeri dikuasai produsen asal negeri sakura Jepang.

Produsen otomotif China kini mulai tertarik ikut bertarung di sektor bisnis otomotif nasional. Salah satunya, Sokon yang sudah ekspansi menancapkan kukunya di Indonesia akhir tahun lalu.

Komisaris PT Sokonindo Automobile Alexander Barus mengatakan, Sokon sudah memulai pembangunan pabrik di Tangerang, Banten pada November 2014. Pabrik tersebut diperkirakan mulai beroperasi November 2015.

Investasi yang digelontorkan untuk membangun pabrik mencapai USD 150 juta. Sokon berencana menjadikan Indonesia pusat produksi untuk pasar Asia Tenggara.
"Saat ini, tahap pembangunan 40 persen di Tangerang. Ini lokasi pabrik kita dulu, Sanex karena sudah tidak produksi kita pakai itu, karena kecil kita buat empat tingkat, untuk mesin sudah tiba di Priok, mesin utama sedang uji coba di China," ujar Alexander di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta , Kamis (23/7).

Dia memaparkan, di China, Sokon memproduksi 400.000 unit mobil per tahun. Untuk tahap pertama di Indonesia, Sokon berencana memproduksi 50.000 unit per tahun. Jumlah itu untuk mobil bermesin diesel 1.300 cc dan 1.500 cc.

"Saat ini seluruh suku cadang didatangkan dari China. Namun dalam lima tahun kedepan ditargetkan 80 persen suku cadang dibuat di Indonesia. Jenis mobil MPV lebih besar sedikit dari Avanza," kata dia.

Alex percaya diri, kualitas mobil produksi Sokon mampu bersaing dengan pabrikan otomotif asal Jepang dan Eropa. Namun, dia enggan membeberkan harga jual mobil Sokon sendiri.

"Untuk kualitas, di atas kualitas yang di China. Harga jual pokoknya kita kompetitif," ucapnya.

Sumber : m.merdeka.com/uang/mobil-pabrikan-china-siap-saingi-avanza.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar