Senin, 31 Desember 2012

Home » , » Mengenal lebih jauh bagian-bagian tumbuhan beserta kegunaannya

Mengenal lebih jauh bagian-bagian tumbuhan beserta kegunaannya

Di lingkungan sekitar kita terdapat bermacam tumbuhan. Coba kamu perhatikan tumbuhan di sekitar lungkunganmu! Dapatkah kamu menyebutkan bagian-bagian tumbuhan dan kegunaannya?
Bagian-bagian tumbuhan tidak seperti tubuh manusia. Bagian-bagian tumbuhan berfungsi sebagai alat yang membantu kehidupannya. Misalnya mencari makan dan proses fotosintesis.

Secara garis besar bagian-bagian tumbuhan terdiri atas akar, batang, daun, bunga, dan buah.


1. Akar
Umumnya akar tumbuhan berada di dalam tanah. akar berfungsi untuk menyerap air dan garam-garam mineral dari dalam tanah untuk proses pembentukan makanan. Pada beberapa jenis tumbuhan akar juga berfungsi sebagai penyimpan cadangan bahan makanan, misalnya wortel dan singkong.
2. Batang
Batang merupakan bagian dari tumbuhan yang amat penting, karena batang pada tumbuhan berguna untuk tempat tumbuhnya akar, tempat tumbuhnya daun, tempat tumbuhnya bunga dan buah.
3. Daun
Daun merupakan bagian tumbuhan yang tumbuh pada batang. Umumnya daun berwarna hijau, warna hijau pada daun disebut klorofil. Daun pada tumbuhan berguna untuk tempat pembuatan makanan, alat bernapas.
4. Bunga
Bagian paling menarik pada tumbuhan diantaranya adalah bunga. Warna bunga yang beraneka ragam membuat manusia menyukainya. Bunga adalah alat tubuh tambahan pada tumbuhan. Bunga mempunyai fungsi utama yaitu menghasilkan biji. Pada bunga terdapat organ reproduksi (benangsari dan putik).
5. Buah
Salah satu bagian tumbuhan yang dapat kita makan adalah buah. Umumnya pada buah terdapat karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar