Jumat, 20 Juli 2012

Home » LG Optimus 4X: Melesat dengan 4 'Otak'

LG Optimus 4X: Melesat dengan 4 'Otak'


 
LG Electronics Indonesia akhirnya meluncurkan ponsel tercepat mereka yang dijuluki Optimus 4X. Dari namanya sudah bisa ditebak, produk ini menggunakan prosesor 4 inti yang membuatnya melesat.

Optimu...s 4X memang bukanlah ponsel quad core pertama yang mendarat di Indonesia. Sebelumnya para pecinta gadget sudah terlebih dahulu dimanjakan HTC One X dan Samsung Galaxy S III dengan spesifikasi dan fitur yang nyaris serupa.

Nah, melihat para pesaingnya yang sudah terlebih dahulu menggelontorkan ponsel 'kelas berat', maka LG harus berusaha semaksimal mungkin mengemas Optimus 4X agar bisa tampil beda dan menarik perhatian. Mulai dari desain, fitur, tampilan antara muka, daya tahan baterai, hingga harga yang dibanderol lebih murah.

Lalu seperti apa kehebatan ponsel ini?


Entah ingin tampil berbeda atau LG memang menganggap desain kotak itu indah. Optimus 4X memang memiliki 4 sudut meruncing di kedua sisinya, padahal kebanyakan vendor lain berlomba-lomba membuat ponsel dengan sudut yang lebih oval.

Sekilas, tampilan Optimus 4X mengingatkan dengan LG Prada. Ponsel Android yang dibuat untuk para fashionista, baik dari bentuk ataupun bahan yang digunakannya terlihat mirip. Namun berbeda ukuran.

Bahan dasar yang digunakan sebagian besar adalah plastik, tanpa ada embel-embel polycarbonat seperti Galaxy S III atau One X. Meski begitu ponsel ini tetap terasa mantab digenggam, entah karena efek bagian belakang yang dibuat bertekstur atau karena ketipisan produk ini.

Untuk menumbuhkan kesan luxury, ponsel ini dilapisi dua baris chrome sekeliling tubuhnya. Terlihat cukup serasi dengan warna hitam yang mendominasi ponsel tersebut.

LG tampaknya memang ingin membuat ponsel ini tampil sebaik mungkin, hal ini terlihat dengan hal-hal sepele yang dikemas dengan sangat apik. Contohnya untuk bagian port 3,5mm yang dilapisi chome, begitu juga dengan sekeliling lensa kamera. Harus diakui sangat jarang produsen ponsel memperhatikan bagian ini, apalagi memberikan sentuhan finishing sebaik Optimus 4X.



Hanya ada dua tombol fisik di Optimus 4X, salah satunya tombol up and down di sebelah kiri ponsel. Penempatannya terlihat nyempil, karena berada di antara kedua baris lapisan chrome, tekturnya pun disesuikan dengan bodi ponsel sehingga terlihat sangat selaras.

Selain bisa dipakai untuk menaikan/menurunkan volume, tombol tersebut ternyata juga bisa difungsikan sebagai tombol shutter ketika menggunakan kamera. Cukup menarik dan fungsional.

Tombol lain yang bisa ditemukan pada Optimus 4X hanyalah tombol power di bagian atas. Seperti ponsel pada umumnya, tombol berfungsi untuk menonaktifkan ponsel atau bisa juga untuk mengunci layar.



Sebagian besar fitur yang ditawarkan oleh Optimus 4X memang hanyalah sebatas pengembangan dari Android ICS yang dipakainya, tapi satu-satunya yang terlihat berbeda adalah tampilan.

LG menyebut tampilan di ponsel ini dengan nama Optimus UI 3.0, apa keistimewaannya?

Awalnya interface yang ditawarkan terkesan tidak ada yang istimewa, namun setelah beberapa hari menggunakan ponsel ini detikINET pun kagum dibuatnya.

Hal yang paling menarik mungkin dari kemudahannya untuk dikustomisasi. Entah itu saat ingin mengganti wallpaper, mengatur icon, atau menempatkan widget bisa sangat cepat dilakukan. Hanya perlu beberapa sentuhan.

Optimus UI 3.0 juga mampu menampilkan lebih banyak icon dalam satu layar. Total hingga 30 icon per layar, atau bisa juga diminimalisasi dengan hanya menampilkan 20 icon saja.

Bar notifikasi juga dapat dengan mudah dioprek, pengguna bisa menempatkan shortcut untuk akses data, WiFi, Bluetooth, mengatur tingkat kecerahan layar, mengaktifkan NFC, GPS dan sebagainya. Total ada 12 fungsi yang bisa ditancapkan pada bar tersebut, namun yang paling asik adalah Quick Memo.

Quick Memo tidak hanya bisa dipakai untuk screen capture, tapi juga bisa untuk mencorat-coret isi layar. Fungsinya mirip dengan yang ada di Galaxy Note atau HTC Flyer, pengguna bisa menulis, highlight segala macam tulisan yang ada di layar. Kemudian bisa disimpan atau dikirimkan melalui email dan sosial media.

Hal lain yang patut diperhitungkan pada Optimus 4X adalah kualitas layar. Percaya atau tidak, ponsel ini memiliki ketajaman yang luar biasa.

Ditilik dari spesifikasinya di atas kertas, Optimus 4X mengusung layar True HD-IPS LCD 4,7 inchi, resolusi 1280 X 720 pixel, dengan tingkat kepadatan mencapai 312 ppi. Layarnya juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass sehingga tak khawatir akan tergores.

Baik di dalam ruangan atau pun di luar layar Optimus 4X selalu bisa menampilkan gambar yang sedap dipandang. Setiap gambar atau teks ditampilkan dengan begitu detil tanpa ada efek warna yang berlebihan, apalagi saat dipakai untuk nonton film full HD, keren pisan!

Responsif dengan Suara Menggelegar

Sensor layar yang pakai Optimus 4X untuk mengenali sentuhan memang patut diacungkan jempol. Sangat responsif tanpa sediki pun terlihata gejala lag saat dipakai, ditampah lagi ponsel ini juga sudah mengusung prosesor 4 inti Nvidia Tegra 3.

Saat dipakai untuk berjelajah di internet dengan browser bawaan tidak pernah ada masalah, begitu juga saat memutar video resolusi tinggi dan bermain game kelas berat. Semua bisa dilahap dengan enteng.

Optimus 4X juga sudah dilengkapi dengan RAM sebesar 1 GB, jadi berpindah dari satu aplikasi ke lainnya terasa mulus tanpa ada gejala terbebani. Tenaga ponsel ini juga semakin terasa saat diuji dengan aplikasi benchmark.



Di AntuTu Benchmark misalnya, smartphone ini berhasil menorehkan angka sebesar 11.236, kemudian di NenaMark 2 memperoleh rata-rata 51 FPS. Namun skor di Quadrant agak sedikit mengecewakan, sebab hanya berhasil meraih nilai 3.726. Padahal HTC One X yang menggunakan chipset serupa bisa mendapat skor lebih tinggi.

Kualitas suara yang dihasilkan Optimus 4X juga termasuk kelas jempolan, khususnya ketika digunakan untuk mendengarkan musik dengan headset. Suaranya terdengar nendang dengan detail yang cukup, apalagi jika opsi Doly Mobile diaktifkan. Wah, semakin menggelegar rasanya.

Tapi itu jika dipakai dengan menggunakan headset, kalau kualitas speaker eksternal sih biasa saja, seperti kebanyakan smartphone lainnya. Tapi cukup jelas saat menerima panggilan telepon atau notifikasi lainnya.

Kualitas Kamera 8 MP

LG masih mempercayakan Optimus 4X dengan kamera 8 MP yang mampu menangkap gambar hingga resolusi 3264 x 2448 pixel, lengkap dengan touch focus dan lampu LED untuk penerangan.

Soal kualitas yang dihasilkan juga terbilang mumpuni, baik di luar atau pun di dalam ruangannya hasil jepretannya masih terbilang layak dinikmati. Apalagi saat pengambilan gambar dengan modus macro.

Saat dijajal memotret bunga di bawah teriknya matahasi siang, hasilnya sungguh luar biasa. Bahkan detailnya pun masih terlihat baik saat diperbesar hingga beberapa tingkat. Berikut adalah hasil foto Optimus 4X.

Kesimpulan

Optimus 4X memang bukanlah ponsel Android paling kencang yang ada di pasaran, secara umum performanya memang sedikit tertinggal jika dibandingkan ponsel Quadcore lain. Namun keunggulannya bukan di situ.

Pertama soal harga, LG membanderol Optimus 4X dengan harga eceran tertinggi Rp 5,5 juta. Jauh lebih murah dibanding Galaxy S III, dan dari HTC One X. Tetapi dengan fitur-fitur yang nyaris mendekati.

Pengalaman detikINET ketika beberapa pekan menggunakan produk ini juga cukup menarik. Ponsel sangat responsif meski sudah diinstal puluhan aplikasi, rasa panas yang menyengat digenggaman juga tidak terlalu terasa di ponsel ini.

Memang sudah menjadi hal yang wajar jika smartphone sekarang ini mengeluarkan panas yang cukup mengganggu ketika dipakai untuk browsing via 3G, atau bermain game. Namun hal itu tak terlalu terasa di Optimus 4X karena bagian panas di ponsel ini berada di atas, sehingga bebas dari genggaman tangan.

Kemudahan mengkustomisasi tampilan juga menjadi nilai plus di Optimus 4X, ditambah kapasitas baterai 2150 mAh yang melekat di bagian belakang. Untuk pemakaian normal dan selalu terhubung melalui 3G, ponsel ini sanggup bertahan sehari penuh.

Absennya LED notifikasi menjadi hal kecil yang disayangkan pada ponsel ini. Tidak ada indikator ketika menerima email, SMS, panggilan tak terjawab, atau bahkan indikator baterai penuh saat sedang di-charge.

Namun soal desain, bagi yang suka bentuk kotak dan memperhatikan detail pasti akan dibuat kepincut oleh ponsel yang satu ini. Tapi jika Anda senang dengan tampilan yang nyentrik mungkin lain lagi ceritanya, itu semua tergantung Anda sebagai calon pengguna.

Secara keseluruhan LG Optimus 4X memang cukup memikat, dengan berbagai fitur dan kelebihan yang diusungnya ponsel ini tampaknya semakin meramaikan persaingan smartphone quad core di Tanah Air yang kian panas.

Kelebihan:
+ Harga terjangkau
+ Layar bening
+ Nyaman dipakai
+ Baterai mumpuni

Kekurangan:
- Absen notifikasi LED
- Performa tidak sebaik pesaingnya

Spesifikasi Optimus 4X

Sistem operasi: Android ICS
Chipset: Nvidia Tegra 3
Prosesor: Quad-core 1.5 GHz Cortex-A9
GPU: ULP GeForce
Memori: RAM 1 GB, ROM 16 GB (12 GB yang bisa dipakai)
Layar: True HD-IPS LCD, 4,7 inchi 720 x 1280 pixel
Kamera: 8 MP, 3264x2448 pixel, autofocus, LED flash
Baterai: Li-Ion 2150 mAh
Dimensi: 132.4 x 68.1 x 8.9 mm
Bobot: 133 g

Kisaran harga: Rp 5,5 jutaLihat Selengkapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar